Join in this Blog

Saturday 7 July 2012

Animasi/ Cosplayer Patlabor Jadi Perwakilan Indonesia dalam World Cosplay Summit

-Animasi/ Cosplayer Patlabor-
-Jadi Perwakilan Indonesia dalam World Cosplay Summit-

        (Jakarta-Indonesia) 2 cosplayer asal Bandung menjadi pemenang Indonesian Cosplay Grand Prix (ICGP) 2012, sekaligus mewakili Indonesia untuk pertama kalinya dalam ajang World Cosplay Summit (WCS) di Kota Nagoya, Prefektur Aichi, 4 Agustus mendatang.

        Dalam ICGP yang dilangsungkan Sabtu (30/06) silam di festival Ennichisai 2012, dua wakil Bandung yang beranggotakan Rizky Karimanara (25) dan Yesaya (19) menampilkan kostum “Patlabor”.

        Patlabor merupakan salah satu animasi Jepang yang pernah disiarkan di Indonesia pada tahun 1994, becerita tentang kehidupan sehari-hari polisi Tokyo yang menggunakan robot Patlabor (digerakkan manusia dengan berbagai perlengkapan senjata) untuk menangani kasus kejahatan.

        Kriteria pemenang dilihat dari kualitas dan kerapihan kostum, kemiripan dengan karakter asli, penampilan, serta tema, selain itu, kostum dan peralatan cosplay harus dibuat sendiri.

        Rizky dan Yesaya menghabiskan sekitar 2 bulan untuk menyelesaikan kostum robot Patlabor yang memliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Mereka harus membuat kostum yang memungkinkan bergerak secara leluasa untuk adegan perkelahian.

        “Kostum mereka berdua memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, terutama pada bagian detail. Selain itu, mereka tidak hanya membuat kostum robot saja, namun juga membuat kostum bagian dalam robot”, ujar     Tomiyoshi Kenichi, Direktur Japan External Trade Organization (Jetro) Jakarta.

        “Dengan ini terbukti kualitas cosplayer di Indonesia pun semakin meningkat. Melalui ajang WCS, kami ingin memberitahu dunia tentang kreativitas serta peningkatan kemampuan cosplayer Indonesia. Kami juga ingin meningkatkan nama Indonesia di cosplay tingkat dunia” ujar Rizky dan Yesaya.

        Selain ICGP, dalam Ennichisai 2012 juga diselenggarakan kompetisi CLAS:H pada Minggu (01/07). Ke-6 finalis dari Jakarta yang terpilih dan 2 finalis Yogyakarta, akan mengikuti babak penyisihan pada 8 September mendatang.

        Ke-6 finalis dibagi dalam 3 kategori, yakni animasi, game, dan tokusatsu. Untuk animasi diraih Lunar Mizu dengan judul “Gate 7” dan Scarlet dengan “Gundan Seed Destiny”.

        Sedangkan untuk kategori game, diraih Double R dengan “Monster Hunter Portable 2” dan Oberon Squad dengan “Tekken 6”, sementara kategori tokusatsu dimenangkan OPJ Knight dengan animasi “Garo” dan Itokub Senggol Bacok dengan “Kiba Ankoku Kishi Gaiden”.

        CLAS:H merupakan kompetisi cosplay tingkat nasional yang pertama kali diselenggarakan 24 Juli 2011 silam dengan mendatangkan juri luar negeri, selain itu juga merupakan ajang berkumpulnya para komunitas cosplayer dari berbagai daerah.  (AV/JS)

 Source: Halo Jepang

No comments:

Post a Comment

-kalau komentar jangan memakai kata-kata yang tidak baik ya,jadilah J-Lovers yang baik , arigatou gozaimasu atas pengertiannya ^w^