Join in this Blog

Friday 6 April 2012

Apa itu Nijikon, Otaku, Tsundere, Yandere ?

 -NIJIKON, OTAKU, TSUNDERE, YANDERE-
-DAN HAL YANG BERSANGKUTANNYA-

Malam ini pokoknya Angga-kun mau posting banyak , hahah XD
Kali ini Angga-kun mau ngasih tau apa itu nijikon, Otaku,
Tsundere, Yandere, dan lain-lain (-w- )b
Yang belum tau, mungkin harus baca , biar Minna-san tau :3
Oh iya, sebelumnya terima kasih untuk Rainnybluemoon.blogspot.com , Kaskus, wikipedia, dan yang lainnya untuk artikel nya (^w^ )
Udah yah, jangan kebanyakan basa-basinya, cape tau ngetiknya, hahah XD

-NIJIKON-

       Nijikon (二次コン, Nijikon?) adalah istilah slang dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk merujuk orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video, yang umumnya dipresentasikan di atas kertas atau layar, beserta figur boneka dari karakter tersebut. Istilah ini merupakan singkatan dari istilah Nijigen kompurekkusu (二次元コンプレックス, Nijigen kompurekkusu? 2-dimension complex).

       Otaku yang terobsesi kepada salah satu atau lebih karakter dalam anime, manga, atau permainan video menyebut diri mereka sebagai Nijigen Otaku (Niji Ota) atau Otaku penggemar 2 dimensi. Sebaliknya, Otaku sendiri tidak pernah mengaku dirinya menderita Nijikon.
Pada kasus yang serius, laki-laki penderita Nijikon hanya memiliki rasa cinta kepada karakter perempuan dalam anime, manga, atau permainan video. Pada pria maupun wanita penderita Nijikon, minat seksual terhadap manusia lawan jenis atau kehidupan nyata sudah tidak ada lagi.

Source: Wikipedia

       Nijikon lebih banyak ditemukan pada kalangan Cowo. Cowo cenderung lebih mudah 'terserang' nijikon, mengingat nafsu Cowo terhadap Cewe lebih besar ketimbang sebaliknya. 
Selain itu, di pasaran anime/manga shonen dan seinen (yang biasanya melibatkan chara Cewe yang good-looking atau 'moe) lebih banyak daripada anime/manga shojo dan josei. Bishojo game pun jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang bishonen game.

       Cowo nijikon cenderung lebih menggemari anime/manga 'moe', seperti K-On!, Lucky Star, Shakugan no Shana, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, CLANNAD, Hayate no Gotoku!, dan sebagainya, daripada anime/manga 'mainstream' semacam Naruto, Bleach, One Piece, Full Metal Alchemist, atau Death Note.

       Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri) 
       pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

Angga-kun: Kalo aku sih ga kayak begitu, emang Angga-kun juga sering liat sih di forum-forum yang kaya begini :3

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila 'ditawari' Cewe 3D (Cewe). 
       Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga).

Angga-kun: Maaf yah , aku ga kayak begitu XD,  Kalo Angga-kun mah masih mau sama cewe beneran XD

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut
       biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

Angga-kun : Kalo di fikir-fikir, Angga-kun kayak begini deh, hahaha XD #PLAAKKK

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori).
       Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

Angga-kun: Ahhhhhh, Angga-kun ga segitu nya kok, aku tuh masih bersosialisasi sama teman-teman (-w- )b

5. Biasanya masih jomblo.

Angga-kun: Kok tau sih (OAO")a

       Nijikon jarang sekali ditemukan pada kalangan Cewe, mengingat Cewe kebanyakan lebih menggemari drama-drama Korea/Jepang yang kebanyakan diantaranya melibatkan Cowo-Cowo ganteng[9].
Namun kalaupun ada kalangan Cewe yang Nijikon, ciri-cirinya sendiri tidak berbeda jauh dengan Cowo nijikon. 

Ciri-cirinya (yang bisa terlihat) antara lain:

1. Mengubah namanya dengan menghubungkan nama realnya dengan tokoh anime favoritnya, 
       misalnya nama realnya adalah Ayu, tokoh favoritnya adalah Lelouch Lamperouge/Lelouch vi Britannia (Code Geass). Maka ia mengubah namanya menjadi Ayu Lamperouge atau Ayu vi Britannia (atau bahkan mengubah namanya menjadi nama yang berbau Jepang, dalam kasus ini menjadi Ayumi, misalnya).

Angga-kun: Nama aku belakangnya "Ichinose" di fb, emang Angga-kun tuh suka sama Chara yg di Clannad, lupa sedikit sih, yg pasti ada "Ichinose" nya (=..=")a

2. Memasang foto tokoh anime/manga favoritnya di situs-situs jaringan sosial (facebook, Friendster) sebagai primary atau sebagai avatar/siggy forum;  
       biasanya ditambahi embel-embel yang menyatakan kecintaan terhadap tokoh tersebut ataupun sebagainya.

Angga-kun: kalo di fb sih foto Aslinya Angga-kun, tapi kalo di Forum-forum emang Angga-kun pake nya Avatar anime (-__-")a

3. Mengaku-ngaku sebagai suami dari tokoh anime/manga favorit yang bersangkutan.
Berkaitan dengan poin nomor 1 diatas.

Angga-kun: Owh, kalo yang satu ini Angga-kun nggak XD
Tapi kalo ngaku-ngaku suaminya Nana Mizuki sih sering, hahahah XDD #PLAAKKK

"Kalo Angga-kun sih masih suka sama cewek 3D, kalo ga suka sama cewe beneran sih udah kelainan tingkat dewa XD #PLAAKKK"
"Apa lagi kalo Angga-kun dah liat foto-foto nya Nana Mizuki o(>///<)o"
"Pokoknya pengen banget ketemu sama Nana-chan o(>w<)o"

Next: OTAKU

-OTAKU-

       Otaku [おたく] adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi (terobsesi dengan hobinya), namun juga bisa berarti kata ganti orang kedua yang paling sopan dalam bahasa Jepang baku, setara dengan kata "Anda" dalam bahasa Indonesia.

       Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku. Intinya, untuk saat ini, istilah otaku identik dengan penggemar anime/manga dan cenderung mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut setiap musimnya.

       Ciri-ciri yang mencolok dari seorang otaku diantaranya adalah mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya, mengikuti cosplay, dan memiliki koleksi merchandise anime/manga yang relatif banyak.

       Di Jepang sendiri, isitlah otaku sebenarnya memiliki konotasi negatif karena kebiasaan orang-orang yang di sebut otaku tersebut cenderung aneh dan berbeda dengan orang pada umumnya, serta kurang bisa dimengerti oleh masyarakat umum. 
Selain itu juga karena adanya sejumlah kasus kriminal yang melibatkan otaku, seperti kasus pembunuhan dan pemerkosaan.

       PM Taro Aso (perdana menteri Jepang yang sekarang) adalah seorang otaku, terlihat dari kegemarannya terhadap anime dan manga Rozen Maiden. 

       Referensi Wikipedia, dengan terjemahan, pengubahan, dan penjelasan ulang semampunya dan seperlunya juga

Ini dia~ Kelebihan cowok otaku ~(*w* ~)

1. Cowok Otaku umumnya tidak merokok bahkan jarang sekali diantara mereka yang merokok
       contoh: ketimbang membeli Rokok mereka lebih suka mengumpulkan uang buat beli komik , figure , gadged game , cd, dvd , dan sejenisnya .. dan ini semua adalah asset ,,daripada rokok yang cuma buat dibakar n dihisap sia2 , udah gitu bau (menurut penelitian saya ,, rata2 cowok otaku benci bau rokok)

Angga-kun: Yeeeeyyyyyy, kalo yang ini Angga-kun banget XD
Emang Angga-kun dari SD sampai sekarang Kuliah belum pernah menghisap yang namanya rokok (*w* )b

2. Cowok Otaku biasanya mempunyai perasaan yang halus dan sensitif. umumnya para Otaku Cowok ini sangat mengerti perasaan wanita , dan kebanyakan Cowok Otaku lebih mementingkan Cinta daripada Nafsu.
       yahh sesuai lah dengan hobinya.
from kaskuser: tu karena rata-rata cowo otaku adalah seorang "dreamer", jadi mereka mengharapkan hubungan yg bener-bener pure, hubungan yg berdasarkan cinta

Angga-kun: mhhhhhhh, bener banget, setuju deh (>w< )b

3. Cowok Otaku biasanya lebih menjaga pandangannya dan tidak mempan rayuan

       tambahan dari kaskuser: mereka bener2 fokus dan ga mau diganggu gugat.. dan kadang lupa waktu  (contoh=marathon nonton anime 26ep dalam 1 hari ga sadar udah tengah malem)

       contoh konkrit : cobalah anda pergi ke taman bacaan (komik) ..dan perhatikan, walaupun saat itu sedang melintas cewek secakep bidadari turun dari kahyangan yg pake baju terbuka ,klo cowok kebanyakan akan bersuit2 dan bertingkah laku ababil maka yang terjadi sama co otaku adalah jangankan melihat melirikpun mereka tidak , karna mata mereka lebih fokus sama komik yang mereka baca..

       dan jangankan melintas bahkan klopun si cewek duduk tepat disamping mereka , mereka tetap tidak akan melepaskan pandangan dari komik yang mereka baca.. bahkan ketika si cewek cakep bin semok mengajak mereka ngobrol ,, boro2 menanggapi yang ada tuh cewek bakal dipelototi n si Cowok Otaku memilih buat pindah tempat (kejadian ini terjadi di depan mata ane sendiri lho .. n udh sering liat hal seperti ini ... kbtulan ane juga penggemar komik n sering ke taman bacaan)

4. Cowok Otaku hampir tidak pernah terlibat perkelahian , dunia malam , dan Drugs ...
       Alasan : mereka lebih senang berkutat dengan hobinya ketimbang melakukan hal2 semacam itu.

Angga-kun: sama kaya Angga-kun, ga pernah berkelahi, kalo ngelayab malem-malem mungkin kadang-kadang XD
Cuma kalo lagi Bete di rumah aja Angga-kun kadang keluar malam sama Temen, hahaha XDD #PLAAKKKK
*jangan di tiru*

5. Mereka juga penggemar Idol (semacam Girlband dan sejenisnya)
       mungkin banyak juga cowok lain yang juga suka Idol , tapi yang membedakan cowok Otaku dengan cowok lainnya adalah:

FAKTA:  kalo bagi cowok lain Idol2 yang seksi itu dkagumi sebagai simbol Kecantikan n simbol sex (yakk bisa dilihat dari kebanyakan cowok2 bahkan menjadikan Idol seksi itu sebagai Bancol / Bantuan Coli ..bahkan terkadang mereka cuma suka tampang n kemolekan tubuhnya aja)

       tapi bagi Cowok Otaku , jika mereka suka Idol ,,mereka bahkan mencari tau sedetil2nya tentang Idol tersebut ..dan mereka tidak memandang Idol seperti cowok lain (simbol sex),, mungkin mereka suka kecantikannya.. tapi bagi mereka Idol dan Figure anime itu sama.. kesukaan mereka pada Idol sama seperti Anak kecil yang jatuh cinta pada boneka Barbie .
tambahan dari kaskuser: mereka menyukai sesuatu dan fokus terus dgn apa yg mereka sukai,mungkin bg kebanyakan org aneh ngapain berjuang nyari2 wallpaper(yg dipasang di dinding bkn di kompie) cewe anime,ampe nyari2 nendo,figma,dll ampe nyari seiyuunya jg,tp sekali mereka menyukai sesuatu mereka akan fokus dan menggali terus segala sesuatu yg mereka sukai sampe mereka puas

Angga-kun: Iya, kadang kesel banget temen-temen Angga-kun ngeliat Idol Group AKB48 dengan penuh pandangan Mupeng (-___-")
trus ngomong-ngomong keluyuran kemana-mana (-___-")   #tau sendiri lah "ngomong keluyuran kemana-mana"

6. Cowok Otaku susah jatuh cinta pada cewek 3D 
       (maksudnya cewek dunia nyata) , tapi sekali jatuh cinta mereka akan setia..dan dijamin tidak akan selingkuh.. paling2 saingan terberat anda cuma koleksi2nya.
tambahan dari kaskuser: cewe 2d lebih menarik bg mereka ampe2 nyari segala sesuatu yg berhubungan dgn itu(wallpaper,seiyuu,figma,nendo,etc),sekali jatuh cinta ama cewe 3D mereka akan bener2 setia dan rela melakukan apa saja

Angga-kun: Owwwwhhhh, tidak bissaaaaa XD
Kalo Angga-kun masih suka yang namanya cewe beneran XD

7. Cowok Otaku biasanya gak gombal 
       (karena mereka emang gak ngerti cara merayu) , dan gak posesif /cemburuan (mereka malas ngurusin hal2 seperti itu)

Angga-kun: Kalo aku sih kadang-kadang emang ngegombalin cewe, hahaha XD #PLAAKKK
Tapi kadang-kadang doang, ga setiap hari 8D~

8. Entah ini kelebihan atau kekurangan , cowok Otaku biasanya lebih jujur dalam mengungkapkan sesuatu dan cenderung blak2an .. 
(intinya mereka jarang ngomong tapi sekalinya ngomong nyelekit )

Angga-kun: Aaaaahhhhh, Angga-kun ga kaya begitu kok (-w-")

DAN KENAPA OTAKU JARANG YANG MAU DISEBUT OTAKU ? KARENA OTAKU BERSINONIM DENGAN MANIAK, SIAPA SIH YANG MAU DISEBUT MANIAK. TAPI YA ITU ADA JUGA YANG PEDE MENGAKUI SETIDAKNYA BUKAN BAHASA KITA INI.ITU ALASANNYA BRO/SIS .. 
SAMA AMA ANE YANG LEBIH SUKA DIBILANG FUJOSHIPPER DARIPADA PENGGEMAR :maho PADAHAL KAN ARTINYA SAMA AJA
INTINYA BUKAN BAHASA KITA INI , BEDA KLO DI JEPANG SOALNYA BAHASA DIA , CMIIW 

NB : Trit ini gak bermaksud buat melebihkan Otaku dibanding cowok lainnya ,, tapi cuma menyatakan dibalik ke-FREAK-an nya ,, cowok Otaku juga mempunyai kelebihan soalnya selama ini kan mereka cuma dipandang yang buruk2nya aja 

dan yang dijadikan bahan perbandingan bukan semua Cowok Non Otaku ,, tapi lebih ke karakter Cowok non-Otaku pada umumnya tanpa maksud menjudge semua cowok non-Otaku

NB : tapi ciri2 no 3 dan 5 ini gak berlaku buat Otaku kategori penggemar HENTAI

Next~  

-YANDERE-

Yanderee~ Apaa ya? Hehehehe... Sebenernya Yandere adalah rasa 'cinta' yang berlebihan.. atau bisa disebut Obsessi... 
Obsesi akan sesorang dan akan membunuh siapapun yang berusaha menghancurkan hubunganya dan orang yang sudah mencelakai kekasihnya...
Yandere serem juga ya?....

Next~~

-TSUNDERE-

       Tsundere adalah semacam istilah slank dalam bahasa Jepang yang merupakan akronim daritsuntsun dan deredere.

       Tsun-tsun secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai "aloof, morose, pointed", sedangkan dere-dere adalah "exhausted, lovestruck." Gampangnya, karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded, dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang. 

       Contoh yang terkenal adalah 2 tokoh cewek protagonis pada karangan Ken Akamatsu (yang entah mengapa kayaknya sering banget pakai karakter dengan tipe seperti ini), yakni Narusegawa Naru (Love Hina) danAsuna Kagurazaka (Negima). 

       Contoh-contoh lainnya adalah Chidori Kaname (Full Metal Panic) danUrumi Kanzaki (GTO). Itu hanya contoh dari tsundere-1-arah (yang mendapat perlakuan seperti itu hanya 1 cowok, misalnya Sagara Sousuke atau Urashima Keitaro). Ada lagi tsundere-by-condition seperti Haruno Sakura dari Naruto, di mana hubungan like-hate ini hanya terjadi antara Naruto-Sakura, karena Sakura benar-benar bertingkah seperti "gadis manis" hanya bila berada di dekat Sasuke.

       Oh iya, ada satu catatan bahwa entah kenapa dikatakan bahwa tipe Tsundere sangat cocok bila dipasangi "Pigtail" (seperti Kagami - Lucky Star; dan Asuna - Negima) atau "Drill" (seperti Touko - Marimite) dan tipe Yandere sangat cocok bila mempunyai sifat agak moe.

       Tsundere dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan faktor penyebab manifestasi sifat tsundere.

-Natural Tsundere-
Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat tsuntsun pada mulanya muncul dari rasa nervous karakter yang bersangkutan, hal ini adalah reaksi spontan untuk lari dari perasaan nervous. Karena munculnya spontan bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri. Tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental nervous ada banyak macam, itu tergantung dari sensitivitas perasaan karakter. Tipe Tsundere yang satu ini sebetulnya relatif lebih mudah di tangani daripada tipe tsundere lainnya.

Contoh : 
-Narusegawa Naru-

-Narcism Tsundere-
Sifat tsundere berikut muncul sebagai akibat dari sifat narcisis dari karakter yang bersangkutan. Prilaku tsun-tsun dan dere-dere nya memang murni karena sifat self centered. Karakter yang paling sulit menerima koreksi dan opini.

Contoh : 

-Shana-

-Suiseiseki-

 -Tsundere Ojou-
Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter bersangkutan yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter ini akan melibatkan sifat gengsi dan jual mahal yang memicu prilaku tsun-tsun. Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan mengkondisikan dirinya sendiri untuk lebih sulit dijangkau... sekalipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam peraasan karakter ini. Sekali seseorang menemukan titik mati bagi karakter ini, maka karakter ini tidak mempunyai alasan ataupun kekuatan lagi untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan dengan segera ia akan menunjukkan sifat dere-dere.

Contoh : 
 
-Eri Sawachika-

-Shinku-

-Deviant Tsundere-
Jenis Tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Karena pada fase tsun-tsun nya harus dilewati dengan keadaan extraordinary yang kemungkinan besar mengancam kehidupan karakter lain. Biasanya terjadi di kalangan villain atau pada karakter karakter yang lebih menyukai darah daripada perasaan.

Contoh : Levi

-Tsundere Pragmatic-
Klasifikasi Tsundere yang paling baru. Karakter yang cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu dengan serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter Tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius kemudian pada suatu waktu berubah menjadi lembut sama dengan aura moe tsundere lainnya, maka karakter ini secara official diklasifikasikan sebagai Tsundere.

Contoh : 
-Kagami Hiragi-

-Extrovert Tsundere-
Tsundere ini muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, expresif atau dengan kata lain extrovert. Ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dari yang lainnya. Pada tipe tsundere ini karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang mischievous atau mengganggu karakter lain ... dan inilah fase tsutsun.

-Introvert Tsundere-
Kebalikan dari Extrovert Tsundere ... dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Atau singkat kata, pada dasarnya ini memang karakter yang tertutup. Reaksi tsun-tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal.

Nah, Minna-san, mungkin cukup sekian pembahasan kali ini :3
Kira-kira Minna-san ada di kategori mana XD
Kalo Angga-kun sih kayaknya banyak deh di sebutin di atas, hahahah XD

Source:  
Wikipedia

2 comments:

  1. 1. Mengaku waifu (istri) 
           pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

    Ini maksudnya apa bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayknya udah cukup jelas deh :)
      Para otaku (ga mesti otaku sih) kalo udah tergila2 sama chara anime/manga, dia terkadang mengaku2 chara anime yang dia sukai itu adalah sebagai istri / suami nya.

      Angga-kun sering menemui juga temen yang sama gilanya kayak Angga-kun kalo soal anime dan dia terkadang update status di fb yang isi nya chara yang di sukainya adalah sebagai istrinya (^w^ )

      Termasuk saya, saya juga pernah, hahahahah XD #PLAAAKKK

      Delete

-kalau komentar jangan memakai kata-kata yang tidak baik ya,jadilah J-Lovers yang baik , arigatou gozaimasu atas pengertiannya ^w^