Join in this Blog

Sunday 21 June 2015

Apa itu NEET ?


- Apa itu NEET ? -

Hai hai hai minna, selamat siang xD
Hiro pada postigan kali ini mau jelasin soal NEET nih 
Apa itu NEET ? NEET itu apa ?
Hmmmmmmmm, kalo yang suka nonton anime ya pasti tau sih (.__. )
Hiro juga tau nya NEET itu dari anime yang hiro tonton
Hiro tau NEET gara-gara nonton anime "Kami-sama no Memochou"
Di situ yaaaahhhhh menceritakan seorang detektif NEET xDa
Nanti ajah deh hiro jelasin anime nya, sekarang kan lagi mau jelasin NEET nya xD

Anime "Kami-sama no Memochou"

NEET merupakan kepanjangan dari Not Employment, Education, or Training. Istilah ini pertama kali muncul di daerah Inggris pada tahun 90an, istilah ini ditujukan pada orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran) pada usia  berkisar 16 hingga 18 tahun. Istilah ini terus menyebar kenegara-negara maju termasuk Jepang.

Istilah NEET berkembang di Jepang kira-kira pada tahun 1997, bertepatan dengan krisis moneter di negara tersebut. Di Jepang NEET dikenal dengan istilah Mugyousha (orang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran), orang-orang yang dikatakan dengan istilah ini yaitu orang yang tidak memiliki pekerjaan, tidak terikat dengan pendidikan dan rumah tangga. Orang-orang Mugyousha pada umumnya merupakan orang-orang penggangguran pada usia produktif yaitu 15-35 tahun.

Di Jepang, NEET/Mugyousha kebanyakan dari keluarga kaya, namun pada negara lain NEET muncul dari keluarga kurang mampu.  Menurut penelitian di Jepang Mugyousha dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

1. Yankee Kata (tipe Yankee)

NEET tipe yankee ini biasanya lebih suka bersenang-senang daripada bekerja, tipe yankee ini sangat bergantung pada orang tua. Tipe ini pada umumnya berasal dari keluarga kaya raya. Oleh karena itu tipe ini biasa disebut juga parasite freeter.

2. Hikikomori Kata (tipe penyendiri)

NEET tipe ini biasanya lebih suka mengurung diri dikamar daripada bersosialisasi dengan lingkungan, atau bisa dikatakan tidak suka bersosialisasi dengan lingkungan luar. Biasanya para pengidap NEET tipe ini menghabiskan waktunya dengan bermain game atau internet didalam kamar. Banyak NEET tipe ini mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri/jisatsu karena merasa bosan dengnan kehidupannya.


3. Tachisukumu Kata (tipe ragu-ragu)

NEET ini merupakan tipe yang memiliki rasa ragu-ragu sangat tinggi terhadap kehidupan masa depannya. NEET tipe ini kebanyakan diidap oleh orang-orang yang telah lulus dari perguruan tinggi. Mereka merasa ragu-ragu akan kehidupan masa depan mereka.

4. Tsumazuki Kata (tipe gagal)
Tipe NEET satu ini dikarenakan oleh kegagalan yang telah dialami. Pada umumnya diidap oleh orang-orang tidak pernah memiliki pengalaman bekerja/membuka usaha, tetapi saat bekerja/membuka usaha mereka mengalami kegagalan. Kegagalan inilah yang menyebabkan mereka takut untuk mencoba kembali dan tidak mau untuk bangkit kembali.




Banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang menjadi seorang NEET, dari lingkungan dimana mereka bekerja, lingkungan mereka tinggal bahkan orang tua.
Tahun 2003, jumlah populasi NEET di Jepang sudah mencapai 520 ribu orang dan diperkirakan jumlah itu akan mengalami kelipatan pada tahun 2010, dan pastinya tahun 2013 juga sudah mengalami kelipatan.


Untuk mengantisipasi bertambahnya NEET, pemerintah Jepang berupaya mengadakam program pelatihan khusus untuk para NEET yang bekerja sama dengan perusahaan pemerintah maupun swasta. Lewat program tersebut para NEET diberikan pengarahan, konseling, dan pengenalan dunia kerja, bahkan mereka juga ditawarkan job training yang diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri mereka untuk terjun ke dunia kerja.



 Sumber: globalvoicesonline.org

1 comment:

-kalau komentar jangan memakai kata-kata yang tidak baik ya,jadilah J-Lovers yang baik , arigatou gozaimasu atas pengertiannya ^w^